LAPORAN PENJUALAN CELANA_TUGAS KWU
LAPORAN
KEWIRAUSAHAAN
PENJUALAN CELANA
OLAHRAGA MELALUI APLIKASI WEBSITE
“DJURAGAN KOLOR”
Disusun Oleh :
Estu Widianingtyas 17.0695
Wininda Fratiwi 17.0696
Nike Kusuma Dewi 17.0700
Katarina Ikasari 17.0701
Valentina Catur Nova 17.0706
PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA FARMASI
POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA
SEMARANG
2019
A.
Latar belakang
Olahraga
merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan
individual dan mencegah berbagai penyakit. Kurangnya aktivitas fisik merupakan
risiko tertinggi ke-empat terhadap angka mortalitas global. Olahraga secara
umum mempengaruhi fungsi sistem pernafasan, sirkulasi, neuromuskular dan
endrokin., pengaruh yang ditimbulkan pada sistem – sistem tersebut cenderung
meningkatkan fungsi sistem dan kesehatan.
Dengan
semakin berkembangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan, semakin tinggi pula kebutuhan
masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan perlengkapan
olahraga, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha dalam bidang
konveksi yaitu celana olahraga. Dalam olahraga pakaian yang nyaman merupakan
hal penting agar tidak terjadi iritasi pada kulit, kemerahan hingga luka. Untuk
menghindari hal tersebut, maka dipilihlah pakaian olahraga dengan bahan yang
nyaman dan dapat menyerap keringat. Djuragan Kolor didirikan untuk mempelopori
kebutuhan dalam bidang olahraga dengan menghadirkan celana – celana olahraga
dengan bahan terbaik dan harga terjangkau, nyaman dipakai, banyak variasi warna
dan memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
B.
VISI DAN MISI
Visi : Mitra
dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
olahraga.
Misi : Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan.
Motto : “Djuragan Kolor : berkualitas, nyaman dan
terjangkau”
C.
Konsep Penjualan
Membuat sebuah konsep penjualan
secara online di internet melalui website agar bisa dijangkau oleh masyarakat
luas dengan cara yang mudah dalam melakukan transaksi penjulan.
D.
Target Pelanggan
Target pelanggan adalah semua kalangan masyarakat
baik anak – anak, orang muda ataupun orang dewasa yang menggemari berbagai
macam olahraga.
E.
Produk
Produk yang dijual adalah celana
olahraga dengan berbagai ukuran, warna, dan bentuk. Harga yang ditawarkan dapat
dijangkau oleh masyarakat luas mulai dari Rp.35.000 – Rp.50.000 .
F.
Hasil
Dari hasil penjualan yang telah
dilakukan selama satu bulan, produk belum laku terjual. Penjualan yang
dilakukan secara online melalui website kurang menarik dan tidak praktis.
G.
Kekurangan Produk
Produk yang kami tawarkan di website
jarang dikunjungi oleh pembeli karena pengguna web sudah tidak aktif,
kebanyakan remaja lebih memilih belanja online lewat instagram,whatsapp,
aplikasi belanja seperti shopee, tokopedia, dll. Sehingga kami menawarkan produk
lewat story whatsapp yang sangat mudah menarik pelanggan untuk membeli.
H.
Kelebihan Produk
Penjualan celana olahraga ini
memiliki kelebihan tidak merugi karena selain melalui website ataupun whataspp,
kami juga melakukan penjualan langsung.
I.
Laporan Penjualan
Modal
total = Rp
1.600.000,00
Hasil penjualan =
Rp 2.050.000,00 (melalui whatapp dan penjualan langsung)
Keuntungan
dari yang didapat = hasil penjualan –
modal total
=
2.050.000 – 1.600.000
=
Rp 450.000,00
Comments
Post a Comment