LAPORAN PENJUALAN CELANA_TUGAS KWU


LAPORAN KEWIRAUSAHAAN
PENJUALAN CELANA OLAHRAGA MELALUI APLIKASI WEBSITE
“DJURAGAN KOLOR”



Disusun Oleh :
Estu Widianingtyas                 17.0695
Wininda Fratiwi                      17.0696
Nike Kusuma Dewi                17.0700
Katarina Ikasari                       17.0701
Valentina Catur Nova             17.0706


PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA FARMASI
POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA
SEMARANG
2019

A.    Latar belakang
            Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan individual dan mencegah berbagai penyakit. Kurangnya aktivitas fisik merupakan risiko tertinggi ke-empat terhadap angka mortalitas global. Olahraga secara umum mempengaruhi fungsi sistem pernafasan, sirkulasi, neuromuskular dan endrokin., pengaruh yang ditimbulkan pada sistem – sistem tersebut cenderung meningkatkan fungsi sistem dan kesehatan.
            Dengan semakin berkembangnya kesadaran akan pentingnya kesehatan, semakin tinggi pula kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan perlengkapan olahraga, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha dalam bidang konveksi yaitu celana olahraga. Dalam olahraga pakaian yang nyaman merupakan hal penting agar tidak terjadi iritasi pada kulit, kemerahan hingga luka. Untuk menghindari hal tersebut, maka dipilihlah pakaian olahraga dengan bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Djuragan Kolor didirikan untuk mempelopori kebutuhan dalam bidang olahraga dengan menghadirkan celana – celana olahraga dengan bahan terbaik dan harga terjangkau, nyaman dipakai, banyak variasi warna dan memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
B.     VISI DAN MISI
Visi         : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal olahraga.
Misi        : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan.
Motto     : “Djuragan Kolor : berkualitas, nyaman dan terjangkau”
C.    Konsep Penjualan
            Membuat sebuah konsep penjualan secara online di internet melalui website agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas dengan cara yang mudah dalam melakukan transaksi penjulan.
Alamat website : djuragankolor.blogspot.com
D.    Target Pelanggan
            Target pelanggan adalah semua kalangan masyarakat baik anak – anak, orang muda ataupun orang dewasa yang menggemari berbagai macam olahraga.
E.     Produk
            Produk yang dijual adalah celana olahraga dengan berbagai ukuran, warna, dan bentuk. Harga yang ditawarkan dapat dijangkau oleh masyarakat luas mulai dari Rp.35.000 – Rp.50.000 .
F.     Hasil
            Dari hasil penjualan yang telah dilakukan selama satu bulan, produk belum laku terjual. Penjualan yang dilakukan secara online melalui website kurang menarik dan tidak praktis.
G.    Kekurangan Produk
            Produk yang kami tawarkan di website jarang dikunjungi oleh pembeli karena pengguna web sudah tidak aktif, kebanyakan remaja lebih memilih belanja online lewat instagram,whatsapp, aplikasi belanja seperti shopee, tokopedia, dll. Sehingga kami menawarkan produk lewat story whatsapp yang sangat mudah menarik pelanggan untuk membeli.
H.    Kelebihan Produk
            Penjualan celana olahraga ini memiliki kelebihan tidak merugi karena selain melalui website ataupun whataspp, kami juga melakukan penjualan langsung.
I.       Laporan Penjualan
Modal total                                   = Rp 1.600.000,00
Hasil penjualan                              = Rp 2.050.000,00 (melalui whatapp dan penjualan langsung)
Keuntungan dari yang didapat     = hasil penjualan – modal total
                                                      = 2.050.000 – 1.600.000
                                                      = Rp 450.000,00


Comments

Popular Posts